Home Music ASUHAN KEPERAWATAN PERDARAHAN ANTEPARTUM PDF
Music

ASUHAN KEPERAWATAN PERDARAHAN ANTEPARTUM PDF

– Download as Word Doc .doc /.docx), PDF File .pdf), Text File .txt) or read online. SAMPUL ASKEP. Uploaded by. Perdarahan Save . Perdarahan Antepartum Perdarahan yg terjd pd usia kehamilan > 22 mgg Terbagi atas: 1. . Askep PPOK Kak Ulul. PENGERTIAN Perdarahan Antepartum adalah perdarahan yang terjadi setelah kehamilan 28 .

Author: Kaziramar Grole
Country: South Africa
Language: English (Spanish)
Genre: Sex
Published (Last): 12 July 2010
Pages: 348
PDF File Size: 2.84 Mb
ePub File Size: 13.49 Mb
ISBN: 756-8-36862-331-1
Downloads: 65066
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Kigakinos

SOP Perdarahan Antepartum patologi. Askep Perdarahan Saluran Pencernaan. Askep Kritis Perdarahan Saluran Cerna Wilda semoga bisa membantu teman-teman dalam penyusunan askep kritis.

Lp Hemoragik Antepartum lp. Makalah Antepartum Bleeding solusio plasenta, plasenta previa dan vasa previa.

Asuhan Keperawatan Pendarahan Antepartum. Antepartum Test Questions Full description. Kadangkala hal ini merupakan jembatan kematian bagi para ibu di Indonesia.

Hal ini disebabkan oleh banyak faktor yang terkadang tidak disadari oleh para ibu hamil maupun tenaga kesehatan. Ketidaksigapan tenaga kesehatan di indonesia inilah yang mengakibatkan angka kematian maternal di Indonesia masih cukup tinggi.

Tampak nyata bahwa perdarahan serius dapat terjadi kapan saja selama kehamilan dan masa nifas. Waktu terjadinya perdarahan pada kehamilan digunakan untuk mengklasifikasikan secara luas perdarahan obstetris.

Secara khusus perdarahan antepartum merupakan suatu perdarahan uterus dari tempat diatas serviks sebelum melahirkan merupakan suatu hal yang sangat mengkhawatirkan. Perdarahan dapat disebabkan oleh robeknya sebagian plasenta yang melekat di dekat kanalis servikalis yang disebut plasenta previa. Perdarahan juga dapat berasal dari robeknya plasenta dari tempat implantasi sebelum waktunya yang disebut solusio plasenta.

Sumber perdarahan uterus yang berasal dari daerah di atas serviks tidak keperasatan dapat asuhhan sejak dini. Pada keadaan ini perdarahan biasanya dimulai dengan sedikit atau tanpa gejala kemudian berhenti.

Kehamilan dengan perdarahan seperti ini tetap beresiko walaupun perdarahan segera berhenti dan kemungkinan plasenta previa tampaknya telah dapat disingkirkan dengan USG. Perdarahan dengan plasenta previa biasanya terjadi pada kehamilan trimester ketiga, stelah bayi lahir maupun setelah plasenta lahir. Antisipasi dalam perawatan antenatal sangat memun gkinkan karena umumnya keadaan keada an dengan plasenta previa munculnya perlahan diawali gejala dini berupa perdarahan berulang yang mulanya tidak banyak tanda disertai dengan rasa nyeri dan terjadi pada waktu yang tidak tentu tanpa trauma.

Perempuan hamil yang diidentifikasi mengalami plasenta previa harus segera dirujuk ke rumah sakit terdekat tanpa melakukan periksa dalam karena tindakan tersebut dapat menyebabkan perdarahan semakin banyak. Tujuan Umum Mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat secara nyata dalam memberikan asuhan keperawatan pada klien dengan perdarahan antepartum secara komprehensif.

Tujuan Khusus Setelah membaca makalah dan diskusi kelompok, mahasiswa diharapkan dapat: Jadi dapat disimpulkan perdarahan antepartum keperawaatan perdarahan yang terjadi pada akhir usia kehamilan 2. Pada keadaan normal ari-ari terletak dibagian atas rahim Wiknjosastro, Plasenta previa totalis, yaitu apabila seluruh pembukaan tertutup oleh jaringan plasenta atau ari-ari.

Plasenta keperaawtan rendah, yaitu apabila letak tidak normal pada segmen bawah rahim akan tetapi belum sampai menutupi pembukaan jalan lahir Wiknjosastro, Plasenta previa bisa disebabkan oleh dinding rahim di fundus uteri belum menerima implantasi atau tertanamnya ari-ari dinding rahim diperlukan perluasan plasenta atau ari-ari untuk memberikan nutrisi janin Manuaba, Strasmann mengatakan bahwa faktor terpenting adalah vaskularisasi yang kurang pada desidua yang menyebabkan atrofi dan peradangan, sedangkan browne menekankan bahwa faktor terpenting ialah villi khorialis persisten pada desidua kapsularis.

  CD4072 DATASHEET PDF

Pada primigravida, umur di atas 35 tahun lebih sering dari pada umur di bawah 25 tahun. Lebih sering pada paritas tinggi perdagahan paritas rendah c. Di Indonesia, plasenta previa banyak dijumpai pada umur muda dan paritas kecil, hal ini disebabkan banyak wanita Indonesia menikah pada usia muda dimana endometrium masih belum matang. Walaupun perdarahannya sering dikatakan terjadi pada triwulan ketiga, akan tetapi tidak jarang pula dimulai sejak kehamilan 20 minggu karena sejak itu segmen bawah rahim telah terbentuk dan mulai melebar serta menipis.

Dengan bertambah tuanya kehamilan, segmen bawah rahim akan lebih melebar lagi, dan leher rahim mulai membuka. Pada saat itulah mulai terjadi perdarahan. Sumber perdarahannya ialah sinus uterus yang terobek karena terlepasnya plasenta dan dinding rahim atau karena robekan sinus marginalis dari plasenta.

ASKEP PERDARAHAN ANTEPARTUM – PDF Free Download

Pada Ibu yang sudah beberapa kali hamil dan melahirkan dan berumur lebih dari 35 tahun. Kira-kira 4 kali lebih sering dibandingkan yang berumur kurang dari 25 tahun. Walaupun perdarahannya dikatakan sering terjadi pada triwulan ketiga akan tetapi tidak jarang pula dimulai sejak kehamilan 20 minggu karena sejak saat itu bagian bawah rahim telah terbentuk dan mulai melebar serta menipis.

Pada plasenta previa darah yang dikeluarkan akibat pendarahan yang terjadi berwarna merah segar, sumber perdarahannya ialah sinus rahim yang terobek karena terlepasnya ari-ari dari dinding rahim.

Perlu dilakukan beberapa langkah pemeriksaan. Pemeriksaan ini dapat dilakukan dangan radiografi, radioisotopi dan ultrasonografi. Sering terjadi persalinan prematur atau kelahiran sebelum waktunya karena adanya rangsangan koagulum darah pada leher rahim. Sekarang penanganan relatif bersifat operatif dini, maka angka kematian dan kesakitan Ibu dan bayi baru lahir jauh menurun. Penderita harus dibawa ke rumah sakit yang fasilitasnya cukup. Ada 2 cara penanganan yang bisa dilakukan: Syarat-syarat bisa dilakukannya terapi ekspektatif adalah kehamilan belum matang, belum ada tanda-tanda persalinan, keadaan umum Ibu cukup baik dan bisa dipastikan janin masih hidup.

Sehingga perlu dilakukan observasi dan konseling untuk menghadapi kemungkinan keadaan gawat darurat Manuaba, Bentuk penanganan terapi aktif a. Segera melakukan operasi persalinan untuk dapat menyelamatkan Ibu dan anak atau untuk mengurangi kesakitan dan kematian.

ASKEP PERDARAHAN ANTEPARTUM

Memecahkan ketuban di atas meja operasi selanjutnya pengawasan untuk dapat melakukan pertolongan lebih lanjut c. Bidan yang menghadapi perdarahan plasenta previa dapat mengambil sikap melakukan rujukan ke tempat pertolongan yang mempunyai fasilitas yang cukup.

Apabila perdarahan sedikit, hematoma yang kecil itu hanya akan mendesak jaringan plasenta, peredaran darah antara rahim dan plasenta belum terganggu dan tanda serta gejalanya pun tidak jelas. Kejadiannya baru diketahui setelah plasenta lahir, yang pada pemeriksaan didapatkan cekungan pada permukaan maternalnya dengan bekuan darah lama yang berwarna kehitam-hitaman.

Akibatnya, hematoma retroplasenter akan bertambah besar, sehingga sebagian dan akhirnya seluruh plasenta terlepas anteprtum dinding rahim. Sebagian darah akan menyelundup di bawah selaput ketuban keluar dari vagina atau menembus selaput ketuban masuk ke dalam kantong ketuban atau mengadakan ekstravasasi diantara serabut otot rahim.

  HISTORY OF SIWES PDF

Nasib janin tergantung dari luasnya plasenta yang terlepas dari awuhan rahim. Apabila sebagian besar atau seluruhnya terlepas, anoksia akan mengakibatkan kematian janin. Waktu sangat menentukan hebatnya gangguan pembekuan darah, kelainan ginjal, dan nasib janin.

Makin lama sejak terjadinya solusio plasenta, makin hebat terjadinya komplikasi Manuaba, Fundus uteri naik, rahim teraba tegang. Adalah perdarahan, infeksi, emboli dan syok obstetrik.

Hal ini dikarenakan perdarahan sebelum dan sesudah persalinan, toksemia gravidarum, kerusakan organ terutama nekrosis korteks ginjal dan infeksi. Sambil menunggu berhentinya perdarahan kita berikan suntikan morfin subkutan, stimulasi keoerawatan seperti coramine, cardizol dan pentazol serta transfusi darah.

Pertolongan persalinan diharapkan dapat terjadi dalam 3 jam, umumnya dapat bersalin secara normal.

PERDARAHAN ANTEPARTUM – PDF Free Download

Persalinan pervaginam dilakukan apabila: Pengkajian Identitas Umum Biodata, identitas ibu hamil dan suaminya. Keluhan Utama Keluhan pasien saat masuk RS adalah perdarahan pada kehamilan 28 minggu. Janin sering belum cukup bulan,jadi fundus uteri masih rendah. Sering dijumpai kesalahan letak – Leopoid III: Bagian terbawah janin belum turun, apabila letak kepala biasanya kepala masih goyang atau terapung floating atau mengolak diatas pintu atas panggul.

Pemeriksaan Penunjang Data leokosit laboraturium, meningkat memungkinkan Keperawatab Hb rendah. Gangguan pemenuhan kebutuhan sehari-hari berhubungan dengan ketidak mampuan merawat diri. Sekunder keharusan bedrest Linda Jual Carpenito edisio: Anjurkan klien untuk membatasi perserakan. Pergerakan yang banyak dapat mempermudah pelepasan plasenta sehingga dapat terjadi perdarahan.

Kontrol tanda-tanda vital TD, Nadi, Pernafasan, antrpartum. Dengan mengukur tanda-tanda vital dapat diketahui kepwrawatan dini kemunduran atau kemajuan keadaan klien. Anjurakan klien untuk melaporkan segera bila ada tanda-tanda perdarahan lebih banyak.

Pelaporan tanda perdarahan dengan cepat dapat membantu dalam melakukan tindakan segera dalam mengatasi keadaan klien. Monitor bunyi jantung janin. Kolaborasi dengan tim medis untuk mengakhiri kehamilan. Dengan mengakhiri kehamilan dapat mengatasi perdarahan secara dini. Gangguan pemenuhan kebutuhan sehari-hari berhubungan dengan ketidakmampuan merawat diri sekunder keharusan bedres.

Bina hubungan saling percaya antara perawat dengan klien dengan menggunakan komunikasi therapeutik.

Dengan melakukan komunikasi therapeutic diharapkan klien kooperatif dalam melakukan asuhan keperawatan. Bantu klien dalam pemenuhan kebutuhan dasar. Libatkan keluarga dalam pemenuhan kebutuhan. Dengan melibatkan keluarga, klien merasa tenang karena dilakukan oleh keluarga sendiri dan klien merasa diperhatikan.

Dekatkan alat-alat yang dibutuhkan klien. Dengan mendekatkan alat-alat kesisi klien persarahan mudah dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Anjurkan klien untuk memberi tahu perawat untuk memberikan bantuan. Dengan memberi tahu perawat sehingga kebutuhan klien dapat terpenuhi. Resiko rawat janin berhubungan dengan tidak adekuatnya perfusi darak ke plasenta.

PERDARAHAN ANTEPARTUM

Gawat janin tidak terjadi. Melalui istirahat kemungkinan terjadinya pelepasan plasenta dapat dicegah. Anjurkan klien agar miring kekiri. Posisi tidur menurunkan oklusi vena cava inferior oleh uterus dan meningkatkan aliran balik vena ke jantung. Anjurkan klien untuk nafas dalam.

Author

admin